Minggu, 01 Januari 2012

Jika Seseorang Menyukaimu

Nasihat berikut ini ditujukan baik untuk laki-laki maupun, dan terutama, untuk perempuan:

Jika seseorang menyukaimu sedangkan kau tidak menyukainya, jangan rendahkan harga dirinya sebab bagaimanapun ia tidak bermaksud jahat kepadamu.

Jika ia tersenyum padamu, tersenyumlah juga padanya. Jika ia berpapasan denganmu, janganlah menghindar. Jika ia menyapamu, jawablah sapaannya. Jika ia menanyakan nomor teleponmu, berikanlah. Jika ia mengirim sms padamu, balaslah. Jika ia meneleponmu, angkatlah. Jika ia memberi sesuatu kepadamu berupa hal-hal kecil, terimalah pemberiannya dan ucapkan terima kasih secara wajar.

Kau baru boleh menyatakan penolakanmu, itu pun secara baik-baik dan sopan, jika ia telah mengungkapkan secara jelas rasa sukanya atau rasa cintanya kepadamu.

Berterima kasihlah kepada orang-orang yang menyukaimu, dan bersikap baiklah kepada mereka, sebab kehadiran mereka menunjukkan nilai dirimu. Sebagaimana kau pantas bersedih jika tidak seorang pun menyukaimu, kau pantas bersyukur jika ada orang yang menyukaimu.

Jika seseorang menyukaimu, yakinlah bahwa di samping dia tidak akan memiliki niat buruk padamu, justru dia akan selalu mengharapkan kebaikanmu dan berdoa untuk kebahagiaanmu.

Jika kau telah menunjukkan penolakanmu di saat dia baru memberi isyarat-isyarat kecil, berarti kau telah melakukan dua atau tiga kesalahan: menghinanya, bersikap sombong, atau jangan-jangan kau hanya geer. Isyarat atau perhatian-perhatian kecil tidak selalu merupakan tanda cinta. Mungkin itu uluran persahabatan, atau mungkin dia memang seorang yang berhati baik.

Kalaupun betul isyarat-isyarat itu merupakan tanda cinta, ingatlah bahwa jatuh cinta bukanlah suatu kesalahan. Oleh karena itu tidak layak apabila kau menghukumnya atau menghindarinya seolah ia makhluk menjijikkan.

Jangan sampai dia merasa sudah ditolak padahal belum nembak. Itu akan membuat dia merasa harga dirinya telah jatuh sehingga dia mungkin jadi kehilangan keberanian untuk mendekati orang yang dia sukai di tempat dan waktu yang lain.

Seorang manusia dapat menerima penolakan, tapi tidak penghinaan.

Demikian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar